Melakukan business trip atau perjalanan bisnis diperlukan persiapan yang ekstra dibanding dengan trip untuk liburan biasa. Pasalnya, Anda perlu bekerja di daerah lain yang mungkin belum familiar dengan tempatnya. Persiapannya bukan hanya pakaian santai saja, tetapi juga dokumen, pakaian kerja, dan lainnya.

 

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan business trip, tips berikut bisa diterapkan:

 

Pahami peraturan perusahaan

Sebelum Anda melakukan business trip, pahami terlebih dahulu peraturan dan prosedur perusahaan yang berlaku. Mulai dari siapa yang akan menyetujui budget perjalanan, ke mana Anda bisa klaim refund, seperti apa proses reimbursenya, dan lainnya. Ketahui juga hal-hal sederhana seperti apakah perusahaan memperbolehkan Anda upgrade hotel walau ditanggung sendiri.

 

Cari akomodasi yang sesuai

Akomodasi meliputi transportasi dan penginapan. Pastikan budget untuk transportasi dan hotel yang akan Anda tempati nanti sesuai dengan standar perusahaan. Supaya lebih mudah, carilah penginapan di pusat kota yang cukup representatif. Misalnya ketika di Yogyakarta, Anda bisa mencari hotel rekomendasi di Malioboro yang berada di jantung kota.

 

Siapkan dokumen penting

Sebaiknya sebelum mulai memilih pakaian untuk dimasukkan ke dalam koper, siapkan dahulu dokumen-dokumen penting untuk menunjang pekerjaan. Supaya tidak tercecer, masukkan semua dokumen fisik ke dalam satu folder besar. Agar rapi dan tidak terlupa, menyiapkan semua dokumen ini bisa dilakukan sekitar 1 hari sebelum perjalanan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan laptop beserta charger, kabel HDMI, dan lainnya, ya!

 

Kemas pakaian kerja dan pakaian santai

Tidak mungkin kan, Anda terus-terusan menggunakan pakaian kerja dari awal datang hingga pulang nanti. Karena pasti ada saja waktu di hari terakhir pekerjaan untuk mencari oleh-oleh. Nah, jangan lupa juga, bukan tidak mungkin klien akan mengajak Anda makan atau jalan-jalan mengelilingi kota, lho.

 

Pisahkan benda penting dengan pakaian lainnya

Benda penting yang dimaksud adalah dompet, smartphone, paspor, boarding pass, alat ibadah, obat-obatan, camilan, charger, dan power bank. Sebaiknya pisahkan benda-benda ini di tas sendiri, jangan digabung dengan pakaian karena akan sulit mengambilnya ketika dibutuhkan.

 

Pastikan semua alat elektronik terisi penuh

Selalu charge semua alat elektronik yang Anda bawa sebelum bepergian, seperti smartphone, laptop, tablet, dan lainnya. Karena kita tidak tahu apakah ada delay, cancel, atau kendala lain yang membutuhkan alat elektronik tetap menyala. Sebisa mungkin jika ada kesempatan untuk charge, lakukanlah.

 

Ketahui info mengenai daerah tujuan

Misalnya Anda ingin melakukan business trip ke daerah Yogyakarta selama 4 hari. Ketahui apa saja tentang kota tersebut, mulai dari makanan lokal, pusat oleh-oleh, tempat wisata, hingga travel Jogja Solo. Mengapa ini penting? Karena jika Anda ingin mengeksplor kota atau bahkan extend liburan, info ini sangat berguna.

 

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.