Eks striker Persib Bandung, Sergio van Dijk yang kini menjadi agen pemain mengumumkan rerkutan terbarunya yakni striker berdarah Indonesia berusia 18 tahun, Jelte Pal. Sergio van Dijk yang kini berkarier sebagai agen pemain mengumumkan perekrutan Jelte Pal melalui instagram pada Jumat (30/10/2020). Dalam unggahannya itu, mantan striker Persib Bandung menyebut bahwa Jelte Pal memiliki keturunan Indonesia.

Ia baru saja bergabung dengan tim muda klub Liga Belanda, Willem II U 18. "Pemain baru, keturunan Indonesia baru direkrut oleh saya buat Willem U 18, Jelte Pal," tulisnya. Perlu diketahui, Sergio van Dijk sejak Juli 2020 lalu telah bergabung dengan Tevreden Group.

Tevreden Group adalah sebuah agensi pemain yang dimiliki oleh eks pemain Belanda, Brian Tevreden. Menurut keterangan transfermarkt, Sergio van Dijk telah memutuskan pensiun sebagai pesepak bola sejak akhir musim 2019 2020 lalu. Klub yang ia bela terakhir adalah VV Pelikaan S, setelah resmi meninggalkan Persib Bandung pada 2017.

Bersama VV Pelikaan, Van Dijk mempersembahkan gelar juara di kompetisi amatir Liga Belanda pada 2019 lalu. Selama di Indonesia, Sergio memang hanya memperkuat Persib Bandung. Dia bergabung Persib pada 2013 dan membela klub kebanggaan bobotoh itu selama semusim.

Setelah melanglang buana ke Iran dan Thailand, dia kembali lagi ke hadapan bobotoh. Kala itu pada 2016, Sergio membela skuat Pangeran Biru pada turnamen jangka panjang Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Pada 2017, Sergio van Dijk hanya bermain sebanyak tiga kali di Liga 1.

Sebab, pria berkepala pelontos itu mengalami cedera dan harus melakukan recovery yang cukup lama. Jelte Pal yang masih berusia 18 tahun tentu bisa jadi salah satu opsi pemain untuk masuk ke skuat timnas U 19 Indonesia. Apalagi pelatih timnas U 19 Indonesia saat ini, Shin Tae yong membuka lebar peluang untuk memanggil pemain pemain keturunan Indonesia jelang TC di luar negeri.

"Sebenarnya ada sembilan pemain dan sudah dibicarakan dengan PSSI. Dari sembilan pemain itu, dua pemain sudah diseleksi (Kelana dan Luah) di Kroasia kemarin," kata Shin Tae yong. "Sisanya belum tahu, jujur belum ada jadwal yang jelas TC akan ke mana," tambahnya. Faktor lain yang bisa mendekaytkan Jelte Pal menuju lebih dekat ke timnas U 19 Indonesia adalah karena ia berkompetisi di Belanda.

Shin Tae yong akan lebih leluasa memantau dan menilai para pemain keturunan Indonesia asal Belanda yang layak masuk ke timnas U 19 Indonesia. "Di dalam rumusan kami kenapa Belanda, di sana banyak tim tim bagus," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan saat menyebut Belanda berpeluang dipilih sebagai tempat kelanjutan TC timnas U 19 Indonesia. "Kedua Shin Tae yong menyampaikan juga dalam diskusi, di sana (Belanda) juga banyak pemain keturunan Indonesia, sambil melihat, siapa tau ada," tambahnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.