Bikin Masker

Sampai saat ini, wabah virus corona atau yang biasa disebut dengan covid-19 masih saja belum hilang di negeri kita yaitu di Negara Indonesia. Ini menjadi peringatan bagi kita tentang pentingnya melindungi diri dari tertularnya virus ini.

Masih banyak orang yang kurang memiliki kesadaran akan pentingnya mematuhi protokal kesehatan, terutama dalam menggunakan masker. Walaupun sudah melakukan vaksinisasi, namun kita tetap diharuskan memakai masker dengan tujuan agar dapat mencegah penularan Covid-19 yang masih merajalela sampai saat ini.

Karena masker merupakan salah satu protokol kesehatan yang terbaik dalam mencegah virus corona. Pencegahan paling utama dari penularan virus ini yaitu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker.

Agar dapat mengurangi sampah masker sekali pakai atau masker medis yang dapat mengancam lingkungan maka WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat masker kain tiga lapis. Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk bikin masker kain tiga lapis, antara lain yaitu :

Apa Saja Tips untuk Bikin Masker Kain Tiga Lapis dari WHO ?

 

  1. Membuat Pola

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk bikin masker kain tiga lapis yang sesuai dengan anjuran WHO yaitu membuat pola terlebih dahulu. Ini dilakukan dengan tujuan supaya ukuran maskernya bisa sesuai.

Dalam hal ini Anda bisa membuat template atau pola masker dengan menggunakan kertas. Selanjutnya, gunting kain disesuaikan dengan pola tersebut, setelah itu di jahit.

  1. Masukkan Penyangga

Saat anda memasang lapisan pertama dan lapisan kedua masker, maka buatlah satu jalur sebagai tempat penyangga. Penyangga tersebut berupa logam kecil yang ditekuk dengan menyesuaikan dari bentuk hidung atau plastik.

Kemudian masukkan penyangga di jalur bagian atas masker, selanjutnya tekan bagian tersebut  disesuaikan dengan bentuk hidung. Penyangga seperti ini bisa anda temukan ditoko – toko, jadi untuk mendapatkan alat ini sangatlah mudah.

  1. Lapisan Ketiga

Sementara untuk masker buatan sendiri biasanya lapisan ketiga dari masker tersebut dapat dibongkar pasang. Maka dari itu, anda bisa memberi rongga di sisi kanan serta sisi kiri masker yang anda buat.

Ini bertujuan supaya lapisan ketiga yang adalah bahan anti droplet, yang tentunya sangat mudah untuk digeser dan diganti.

Itulah beberapa tips dalam membuat masker kain tiga lapis yang dianjurkan oleh WHO. Semoga dengan tips yang kami sampaikan diatas dapat membantu anda yang sedang ingin membuat masker sendiri, tapi yang bisa benar-benar melindungi dari debu, kotoran, serta virus. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokal, untuk melindungi diri sendir dan orang lain. Semoga bermanfaat, terimakasih.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.